Rabu, 02 Mei 2012

10 sidekick paling berjasa di dunia game

Mario, Link dan Master Chief. Ada yang tau kesamaan mereka bertiga? Ya, mereka bertiga adalah karakter utama seri mereka masing-masing. Mario dengan seri Mario (Mari Kart, Super Mario Bross dan sebagainya). Link dengan seri Zelda (Ocarina of Time, The Wind Waker dan lain sebagainya) dan Master Chief pada seri Halo (Halo 1,2,3). Tapi tahukah kamu kalau sebenarnya keberhasilan yang mereka dapatkan tidak akan tercapai tanpa sidekick (peran pembantu) yang membantu mereka dari belakang atau dari sisi yang tidak terlihat. Contoh paling mudahnya adalah Master Chief yang tidak akan mungkin bisa memperbaiki cincin HALO tanpa bantuan Cortana. Fitur kami kali ini akan membahas 10 sidekick paling berjasa sepanjang permainan. Semua sidekick disusun tanpa peringkat, jadi kami benar-benar hanya akan menjabarkan sembari menyebutkan kemampuan dan sifat mereka. Dimulai dari Cortana, AI yang selalu membantu Master Chief dalam pertempurannya melawan Flood dan Convenant.

Cortana (Halo: Combat Evolved, Halo 2, Halo 3)

Kemunculan perdana: Halo: Combat Evolved (2001)

Spesies: AI (artificially intelligent/intelejensi buatan)

Keterangan:

Cortana adalah sebuah AI yang dibuat berdasarkan konstruksi ingatan Dr. Catherine Elizabeth Halsey, sang pembuat proyek Spartan. Tehnik synaptic network milik Halsey menjadi basis prosesor Cortana, hal ini menyebabkan Cortana masuk ke dalam golongan smart AI. Smart AI memiliki kebebasan sepenuhnya untuk berkembang dan berpikir layaknya manusia, sayangnya kemampuan ini harus dibayar mahal oleh Cortana dengan usianya yang pendek. Rata-rata smart AI hanya sanggup beroperasi selama tujuh tahun dan kami tidak tahu siapa yang akan menggantikan Cortana atau apa yang akan dilakukan Bungie untuk menghidupkan Cortana setelah melewati periode tujuh tahun.

Kemampuan:

Cortana memiliki kemampuan untuk hacking dan decoding transmissions. Bahkan dalam novel Halo: The Fall of Reach, Cortana sanggup menembus keamanan Office of Naval Intelligence (ONI).

Sifat:

Cortana memiliki sifat yang menyerupai wanita pada umumnya. Cortana sering terlihat egois, tidak sabaran dan sangat cerewet. Bahkan Halsey menyadari kalau Cortana bisa terus berbicara seharian ketika menjelaskan sebuah hipotesis.

Trivia:

Tahukah kamu kalau pengisi suara Cortana (Jen Taylor) juga menyumbangkan suara emasnya untuk mengisi suara Princess Peach (Mario Bross).

Dominic Santiago (Gears of War dan Gears of War 2)

Kemunculan perdana: Gears of War (2006)

Spesies: Manusia

Keterangan:

Dominic "Dom" Santiago adalah pasukan COG yang ikut berjuang bersama Marcus Fenix. Dom adalah adik Carlos Santiago, anak dari Eduardo Santiago and Eva Santiago. Dom adalah teman masa kecil Fenix dan Carlos Santiago. Lahir sebelum E-Day Sera membuat Dom menghabiskan masa kecilnya dengan mendengarkan cerita peperangan dari mulut ayahnya. Sehabis masa sekolah, Dom memtuskan untuk bergabung pada unit COG dan turut serta pada operasi Leveler. Beberapa tahun kemudian Dom membebaskan Fenix dari Jacinto dan merekrut sobatnya tersebut masuk ke pasukan Delta.

Kemampuan:

Dom adalah tentara serba bisa dan satu-satunya orang yang sanggup menyamai kemampuan Fenix dalam bertempur. Dom bisa memakai semua senjata yang ditemuinya dalam pertempuran, tidak peduli seberat apapun senjata tersebut.

Sifat:

Dom adalah pelawak dalam tim, tetapi semenjak kehilangan orang-orang yang dicintainya Dom membuat pertempuran melawan Locust menjadi dendam pribadi.

Trivia:

Baju tempur Dom memiliki sebuah pisau besar yang menempel di dadanya, tetapi pisau tersebut tidak pernah dipakai Dom di dalam game. Kamu hanya bisa menyaksikan Dom memakai pisaunya di dalam komik dan novel.Gears of War. Pisau tersebut pernah diperlihatkan pada Maria saat Dom lulus latihan komando.


Hal Emmerich AKA Octacon (Seri Metal Gear Solid)

Kemunculan perdana: Metal Gear Solid (1998)

Spesies: Manusia

Keterangan:

Dr. Hal Emmerich AKA Octacon adalah ahli enjinir dan pemrograman dari ArmsTech yang bertanggung jawab atas pembuatan Metal Gear REX. Saat Emmerich diselamatkan oleh Snake dari kejaran Cyborg Ninja dan mengetahui kalau buah karyanya akan dipakai untuk menembakkan hulu ledak nuklir, Otacon memutuskan untuk membantu Snake memusnahkan Metal Gear REX. Keluarga Emmerich sepertinya dikutuk oleh bom nuklir, bayangkan saja, kakek Emmerich ikut serta dalam proyek Manhattan sedangkan ayah Emmerich lahir pada pemboman Hiroshima. Pada akhirnya Octacon berhasil membantu Snake memusnahkan REX tetapi dalam prosesnya Octacon harus menyaksikan Snake membunuh Sniper Wolf, wanita yang sedang dikejarnya. Kesialan tersebut kembali berulang di MGS4.

Kemampuan:

Otak yang sangat pintar dan kemampuan enjinir yang sangat tinggi sehingga mampu membuat berbagai peralatan canggih seperti Metal Gear Mk. II, Octocamo dan banyak lagi

Sifat:

Emmerich memiliki sifat yang pendiam dan sangat penakut bila dibandingkan karakter Metal Gear lainnya. Makin ke sini Emmerich semakin dewasa dan matang, sayang Emmerich memiliki nasib yang sial kalau berurusan dengan wanita.

Trivia:

Hal Emmerich sulit mengendalikan rasa takutnya dan sering ngompol kalau sedang ketakutan. Saat MGS 2 ketika Snake melakukan panggilan codec di dalam loker, Emmerich akan berujar kalau sekarang mereka seimbang, karena pernah sama-sama sembunyi di dalam loker. Dengan enteng Snake menjawab, "tidak, kecuali kalau saat ini saya ngompol di celana".

Agro (Shadow of Colossus)

Kemunculan perdana: Shadow of Colossus (2005)

Spesies: Kuda

Keterangan:

Agro adalah sahabat setia sang karakter utama dalam game Shadow of Colossus. Selama permainan berlangsung terungkap kalau Agro dan sang tokoh utama sudah bersama dari dulu. Agro yang berwarna hitam memiliki tubuh yang besar, kokoh dan tegap, wujudnya berkebalikan dengan sang tokoh utama yang kerempeng dan jangkung. Kana perbedaan fisik tersebut ketika tokoh utama sedang menaiki Agro, Agro terlihat seperti sedang ditunggangi anak kecil. Agro sangat setia pada tuannya, sampai-sampai dirinya rela jatuh ke dasar jurang demi menyelamatkan nyawa tuannya. Tanpa Agro sang tokoh utama tidak akan bisa mengalahkan para colossus.

Kemampuan:

Agro adalah seekor kuda yang memiliki daya tahan yang tinggi terhadap luka-luka dan kecepatan lari yang mampu menyamai kecepatan terbang Phalanx (colussus terbang yang memiliki kecepatan bergerak sangat tinggi).

Sifat:

Karena Agro adalah seekor kuda tentu kita akan kesulitan mengetahui sifat asli Agro, tetapi melihat tindak tanduknya sepanjang permainan kemungkinan besar Agro memiliki sifat yang setia dan pemberani. Bagaimana tidak, dia satu-satunya kuda yang berani menantang mahluk setinggi gedung pencakar langit.

Trivia:

Simbol dikepala Agro yang bentuknya seperti mutiara bisa berubah-ubah. Bila kamu memiliki save-savean ICO di memory card yang kamu pakai untuk bermain, kamu akan mendapati simbol di kepalanya berubah menjadi huruf I.

Yoshi (Seri Mario, Yoshi dan Super Smash Bross)

Kemunculan perdana: Super Mario World (1990)

Spesies: Dinosaurus

Keterangan:

Yoshi adalah sahabat setia sekaligus rekan seperjuangan Mario dalam menghadapi Bowser dan kawan-kawan. Bisa dibilang tanpa Yoshi, Mario, Luigi, Peach, Wario dan Donkey Kong tidak mungkin ada. Hal tersebut bisa terjadi karena Yoshi adalah penyelamat Mario dan kawan-kawan saat mereka masih kecil. Mario dan kawan-kawan saat itu hendak diculik oleh salah satu anak buah Bowser yang bernama Kamek. Untunglah Yoshi bersama Yoshi-Yoshi lainnya datang menyelamatkan mereka dan mengembalikan mereka ke kerajaan jamur.

Kemampuan:

Kemampuan dasar semua Yoshi adalah menjulurkan lidah mereka yang lengket lalu menelan semua benda yang berhasil mereka tarik dengan lidah mereka.  Bila ada musuh yang tertelan karena proses ini, Yoshi bisa mengeluarkan telur lalu menjadikan telur itu sebagai senjata. Yoshi pada awalnya hanya memiliki warna hijau, tetapi seiring dengan waktu muncul Yoshi-yoshi lain yang memiliki berbagai warna. Warna-warna tersebut mewakili kekuatan yang mereka miliki. Warna merah untuk Yoshi yang mampu menyemburkan api, warna biru untuk Yoshi yang bisa terbang dan seterusnya.

Sifat:

Para Yoshi memiliki sifat penyayang dan merupakan mahluk sosial yang hidup berkelompok. Jadi tidak heran Mario dan kawan-kawan aman di tangan mereka.

Trivia:

Yoshi kerap digambarkan sebagai mahluk yang tidak bisa berenang, tetapi pada game Mario 64 Yoshi adalah perenang tercepat di dalam game.

Diddy Kong (Seri Donkey Kong)

Kemunculan perdana: Donkey Kong Country (1994)

Spesies: Kong (?)

Keterangan:

Diddy Kong adalah murid Donkey Kong yang sedang berlatih bersama sang guru. Melihat kemampuan dan kemauan Diddy, Donkey memperbolehkan Diddy untuk menjaga tempat penimbunan pisang yang menjadi makanan favorit para Kong. Saat Diddy sedang menjalankan tugasnya pasukan Kremling datang menyerang dan mengambil semua pisang yang tersedia. Dalam kejadian itu Diddy dikurung di dalam tong kayu dan baru dibebaskan oleh DK pada esok paginya. Demi kelangsungan hidup para Kong dan demi memperbaiki reputasi dirinya, Diddy memutuskan untuk mengikuti DK bertualang. Akhirnya DK dan Diddy berhasil mengusir para Kremling keluar dari pulau Donkey Kong, bahkan mereka juga berhasil mengalahkan pimpinan para Kremling yang bernama King K. Rool.

Kemampuan:

Diddy sangat lincah dan memiliki reaksi yang sangat cepat, Diddy juga sangat ahli memakai Peanut Popguns.

Sifat:

Cool adalah satu-satunya kata yang bisa menggambarkan sifat Diddy Kong. Apalagi saat dia menembakkan Peanut Popguns kebanggaannya.

Trivia:

Diddy kong selalu diasumsikan sebagai Kong yang lebih beradab dari Donkey Kong. Mau tahu kenapa timbul asumsi tersebut? Jawabannya adalah karena Diddy memakai baju, sedangkan Donkey Kong telanjang bulat.

Miles "Tails" Prower (Seri Sonic)

Kemunculan perdana: Sonic the Hedgehog 2 (1992)

Spesies: Serigala merah

Keterangan:

Miles "Tails" Prower adalah serigala merah yang memiliki kemampuan yang unik. Pada awalnya Tails sangat pemalu ketika bertemu dengan Sonic untuk pertama kalinya, padahal Sonic merasa takjub dengan kekuatan yang dimiliki oleh Tails tetapi Tails selalu merendah. Lama-kelamaan Tails sadar akan kekuatannya dan berusaha memecahkan semua masalah tanpa bantuan Sonic. Tails memiliki kecerdasan yang menyaingi Doctor Eggman, hal ini terlihat dengan banyaknya perlengkapan canggih yang dia buat sendiri. Tails memiliki beberapa kelemahan konyol seperti rasa takut berlebihan akan petir dan hantu serta mulutnya yang tidak bisa diam sehingga sering membocorkan rahasia atau rencana pada lawan.

Kemampuan:

Tails bisa menggerakan ekornya dengan sangat cepat sehingga membuat dirinya terbang, terkadang sambil membawa Sonic melewati halangan yang sulit dilewati. Tail sangat ahli menciptakan alat-alat canggih yang memudahkan Sonic berpetualang.

Sifat:

Tails memiliki sifat pemalu, tetapi kadang-kadang dirinya besar mulut dan ceroboh.

Trivia:

Tahukah kamu kalau Miles Prower dibaca orang Jepang sebagai Mairusu Pauaa yang terdengar di telinga orang jepang sebagai miles per hour.

Glenn AKA Frog (Chrono Trigger)

Kemunculan perdana: Chrono Trigger (1995)

Spesies: Katak

Keterangan:

Frog atau Glenn adalah pembantu Cyrus, sang kesatria meja kotak yang berasal dari 600 AD. Glenn harus menyaksikan kematian Cyrus di tangan Magus dan ikut diubah menjadi katak oleh Magus. Akhirnya Frog bersumpah untuk melindungi ratu Leene dan membalaskan dendam Cyrus apapun yang terjadi. Frog akhirnya mendapatkan pedang Masamune yang bisa mengalahkan pengguna ilmu sihir seperti Magus. Pada akhirnya Frog bisa menenangkan roh Cyrus setelah roh tersebut mendapatkan bukti kalau anak didiknya berhasil melampaui dirinya. Roh Cyrus akhirnya memutuskan untuk menggabungkan dirinya dengan pedang Masamune agar memperkuat pedang tersebut.

Kemampuan:

Kemampuan berpedang Frog jauh mengungguli rekan-rekannya bahkan Crono sekalipun. Hal tersebut masih diimbuhi dengan sebilah pedang Masamune, satu-satunya pedang yang mampu membuat Magus bertekuk lutut.

Sifat:

Sifat ksatria adalah sifat dasar Frog. Dirinya juga sering acap kali berkorban untuk tim. Sayang Frog sering menyalahkan dirinya atas kematian Cyrus, hal tersebut membuat Frog jadi pendiam dan penyendiri.

Trivia:

Tahukah kamu kalau Frog memiliki nama Jepang Kaeru yang artinya katak. Frog adalah satu-satunya karakter yang mengalami perubahan gaya bicara saat Chrono Trigger diport ke NDS.

Nina (Seri Breath of Fire)

Kemunculan perdana: Breath of Fire (1993)

Spesies: Wing Clan (manusia bersayap)

Keterangan:

Nina adalah salah satu nama dari dua nama yang selalu muncul dalam seri Breath of Fire. Di setiap seri Breath of Fire Nina selalu digambarkan sebagai seorang wanita yang memiliki rambut pirang dengan sayap di punggungnya. Tampilan tersebut tidak banyak berubah selama Breath of Fire 1, 2 dan 3. Nina biasanya tidak digambarkan memiliki hubungan khusus dengan Ryu, hal tersebut baru dimunculkan saat Breath of Fire 2 di mana Ryu dan Nina akhirnya menikah. Pada beberapa game Nina berasal dari klan manusia bersayap yang mendiami daratan Wyndia.

Kemampuan:

Biasanya Nina memiliki kemampuan sihir yang mampu membantu Ryu dan kawan-kawan mengalahkan musuh-musuhnya. Nina juga pernah memiliki kekuatan untuk berubah wujud menjadi burung besar.

Sifat:

Karena Nina lebih dari satu orang kami jadi sulit untuk menggeneralisir sifat masing-masing Nina. Tetapi dari gambaran yang sudah ada, rata-rat Nina memiliki sifat pemalu dan keibuan.

Trivia:

Tahukah kamu kalau Nina terkadang memiliki nama belakang yang selalu berhubungan dengan angin (wind), seperti Wyndia dan Windlan.

Dog (Fable II)

Kemunculan perdana: Fable II (2008)

Spesies: Anjing

Keterangan:

Anjing ini bisa kita temui dari awal permainan Fable II, saat pemain mengumpulkan uang emas untuk membeli kotak musik di pedagang antik Bower Stone. Anjing tersebut kamu selamatkan dari anak-anak kecil lainnya yang hendak menjahati sang anjing, dan semenjak itu dia akan selalu muncul untuk membantu dirimu dan saudarimu. Anjing ini memiliki tampilan yang seirama dengan sifatmu, bila kamu baik maka anjing tersebut akan muncul dengan bentuk normal. Sedangkan bila kamu jahat maka anjing tersebut akan mengeluarkan aura setan lengkap dengan mata yang menyala-nyala. Pada DLC (downloadable content) Fable II yang berjudul See the Future, sang anjing bisa kita ubah rasnya dengan menggunakan ramuan yang dibeli dari Murgo. Kita bisa mengubahnya menjadi Dalmatian, Bloodhound atau Husky.

Kemampuan:

Sang anjing bisa kita suruh untuk menyerang musuh yang ada disekitarmu. Dia juga memiliki penciuman yang tajam sehingga bisa menjadi mesin pencari harta karun yang handal.

Sifat:

Anjing adalah sahabat sejati manusia, hanya kalimat itulah yang mampu menggambarkan sifat anjing dalam Fable II. Ditambah lagi anjing tersebut bertempur layaknya memiliki nyawa ekstra, sehingga makin komplit gelar yang disandang oleh anjing dalam Fable II. Sahabat sejati, pemberani dan petarung yang tangguh.

Trivia:

Di Amerika Latin, Anjing yang ada di Fable II dipanggil dengan kata ganti wanita, berbeda dengan versi Amerika dan Eropa.
Harus kami akui, menentukan siapa karakter utama terbaik jauh lebih gampang dari pada menentukan siapa karakter pembantu terbaik. Saking sulitnya kami sampai harus memainkan ulang beberapa seri game sambil melihat-lihat kembali fungsi dan peran para karakter tersebut di dalam game. Akhirnya munculah kesepuluh karakter di atas yang memiliki spesies berbeda-beda. Kami jadi sadar satu buah kenyataan, ternyata karakter utama di dalam game kebanyakan berasal dari spesies manusia (pengecualian untuk DK), sedangkan karakter pembantunya kebanyakan berasal dari spesies lain. Kenyataan ini memaksa kami memasukan keterangan spesies yang bisa kamu lihat pada kesepuluh sidekickdi atas. Jadi silahkan nikmati fitur kami kali ini dengan kodokmu, ayammu atau bahkan kudamu (kalau muat masuk ke dalam rumah, mengapa tidak?)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar